Pengertian Multi Level Marketing (MLM)

| Sabtu, 14 Juni 2014
Multi Level Marketing (MLM) adalah suatu metode bisnis alternatif yang berhubungan dengan pemasaran dan distribusi yang dilakukan melalui banyak level (tingkatan), yang biasa dikenal dengan istilah Upline (tingkat atas) dan Downline (tingkat bawah), orang akan disebut Upline jika mempunyai Downline.



Dalam sistem MLM, member akan mendapat penghasilan dari penjualan produk secara personal maupun group (jaringan).

Ilustrasi begini...
Kita mempunyai sebuah toko snack, dan menjalin kerja sama dengan sebuah warung , tentunya bagi warung yang berhasil menjual produk toko snack akan mendapat keuntungan langsung dari penjualan dan jika dia berhasil mencapai target, misalnya berhasil menjual 5 kardus snack dan mencari lagi team seperti pedagang asongan untuk menjual snack tersebut serta mengajarkan ilmu cepat menjual snack, tentunya dia akan mendapat tambahan penghasilan bonus karna penjualan yang didapat dari teamnya. Tapi jika dia hanya merekrut pedagang asongan aja, tanpa berhasil melakukan penjualan, maka dia hanya akan mendapat keuntungan dari hasil penjualan saja, nih yang di sebut Type Seller.

Perusahaan MLM memberikan bonus atas penjualan, baik yang dilakukan secara personal maupun membangun sebuah jaringan. Makanya member dalam perusahaan MLM tidak hanya mengembangkan jaringan dengan cara merekrut tapi juga membina jaringan untuk melakukan penjualan, agar kesuksesan bisa diraih bersama teamnya.

Ketika seseorang memutuskan untuk bergabung dalam sebuah bisnis MLM, dia bisa memilih sendiri level apa, dimana level adalah target penghasilan yang diinginkannya...
Besar kecilnya sebuah usaha yang dilakukan member dalam melakukan penjualan baik secara personal maupun group (jaringan bersama downline) akan sangat menentukan tingkat penghasilan yang diinginkan.
Bisnis apapun yang dijalankan, biasanya akan mengalami hambatan, demikian juga halnya MLM murni...
Akibat kurangnya informasi tentang MLM murni, jadi sebagian orang begitu mendengar kata MLM, biasanya langsung mundur, padahal mereka hanya butuh sebuah pengenalan tentang dunia MLM Murni.
Akibat maraknya sebuah praktek penipuan yang berkedok MLM yaitu sebuah bisnis yang menjalankan usahanya dengan skema piramida dan money game . Mereka menawarkan skema cepat kaya hanya dengan cara melakukan sedikit usaha, namun mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Terima kasih atas kunjungan, ditunggu komentarnya ^_^
Salam sukses,
Darmaulina Marpaung 
Next Prev
▲Top▲