MITOS TENTANG UANG

| Senin, 07 April 2014

Ada banyak pandangan umum yang cenderung negative tentang uang. Kita sebut aja mitos financial. Mitos tersebut perlu juga untuk kita ketahui agar jangan sampai menjerumuskan kita dalam memahami, mendapatkan serta mengelola uang. Ya seperti…jangan sampai gara2 uang, bisa membuat kita jadi menghalalkan segala cara…
  1. Uang Tidak Bisa Membeli Kebahagiaan
Merasa uang segalanya ? Uang akan membuat kita bahagia atau malah tidak bahagia ? Semua itu…bisa ditanyakan dalam diri sendiri, emang uang tidak akan bisa membeli kebahagiaan, seperti kamu lagi jatuh cinta, terus maksa dia dengan membayar agar mau jadi pacar kamu…Duh…ga mungkin banget ya…, kalaupun ada yang nerima, ntar percaya deh, gitu uang habis, dia bakalan langsung detik itu juga meninggalkanmu…
Cuma realitanya nih…walaupun uang tidak bisa membeli kebahagiaan, tapi dengan adanya uang bisa membantu kamu mengatasi masalah kehidupan, ya…seperti biaya untuk kesehatan, pendidikan, membantu anak – anak yatim, kaum dhuafa, kan jadi indah ntuh…bisa membuat orang lain jadi bahagia..

  1. Selalu Kejar Setoran, karena uang tak pernah cukup
Emangnya angkot kali ya…pakai kejar setoran, hehehe…nyantai guys….kejar setoran yang dianggap termasuk negative ntuh…kalau kita selalu ngejar duit (padahal duit kan ga lari, diam aja…J) karna kita gak memiliki perencanaan keuangan yang matang, jadi ntuh duit bakalan cepat habis gitu aja…Makanya, kalau mau kejar setoran buat target donk, agar uang yang kita peroleh bisa untuk memenuhi kebutuhan kita dan kelebihannya jadi bisa buat berbagi, kan enak tuh…

  1. Dua sumber penghasilan lebih baik ketimbang Satu
Belum tentu juga ya..n salah juga gak…Jadi yang mana donk yang benar ya…Udah, ngapain jadi pada bingung (padahal ga da yang bingung ya…#Kepedean). Biasanya…kalau kita punya sumber penghasilan lebih dari satu, maka akan jadi lebih boros, padahal belum tentu juga…bisa aja kita lebih memanage penghasilan yang satu untuk kehidupan dan yang satu lagi untuk perencanaan liburan keluarga…apalagi kalau bisa sekalian ajak anak- anak yatim piatu nih…

  1. Dengan uang, semua keinginan bisa dipenuhi
Sebenarnya sih…nih hampir sama dengan yang poin pertama, hanya terkadang, parahnya…orang yang begitu menginginkan uang agar bisa memenuhi semua keinginannya, maka orang tersebut akan menghalalkan segala cara. Duh…jangan sampai deh kita jadi begitu, *amit-amit…  

  1. Orang kaya sangat rakus dan materialistis
Mungkin sebagian orang sering nyeletuk, “Ntuh orang dah kaya, masih aja sibuk cari materi, apa masih kurang banyak hartanya ya…”. Mendingan kita buang jauh-jauh deh pikiran yang begituan. Bisa aja khan…orang kaya itu terus giat bekerja, karna dia punya planning untuk masa depan keluarganya, serta membantu meringankan beban orang lain, karena jarang orang kaya bekerja semata – mata untuk mengejar materi. Mereka bekerja keras karena ada misi yang harus terwujud.

  1. Menabung hal yang sangat susah dilakukan, dan saya selalu tak pernah merasa cukup uang untuk menabung
Siapa bilang menabung itu susah dilakukan ? Anakku aja yang masih 3 tahun, kalau kepengen sesuatu yang dia beli, maka saya selalu ajarkan untuk menabung dicelengannya, nanti kalau sudah cukup, baru deh diambilnya dan dia beli barang yang dia suka, tapi yang pasti barang yang masih berguna untuk dia ya…
Sedang buat kita yang dewasa, bisa kok…disaat terima duit, setelah di sisihkan untuk kebutuhan sehari – hari, diberikan untuk fakir miskin / anak yatim, lalu buat deh tabungan khusus yang gak usah pakai atm deh, ya…sekalian mengajarkan anak – anak untuk gemar menabung.

  1. Kaya raya hanya untuk orang yang berpendidikan tinggi
Tidak semua juga ya…orang kaya itu berasal dari mereka yang berpendidikan tinggi, malah banyak sekarang yang pendidikan tinggi tapi kehidupan mereka masih di kategori susah. Hanya biasanya…orang yang berpendidikan tinggi serta didukung dengan skill serta kemauan untuk berusaha, maka akan lebih memudahkan untuk memperbaiki ekonominya ketaraf yang lebih baik…
Smoga sudah ga banyak yang menilai negative tentang makna duit ya…Tapi yang pasti harus berusaha selalu kita tanamkan dalam hati…Dengan duit, kita tidak hanya bisa memakmurkan keluarga tapi juga memakmurkan orang lain serta membuatnya jadi bahagia.


Next
▲Top▲